Dari tahun ke tahun, pengaruh Internet dalam perekonomian semakin nyata. Perusahaan di seluruh dunia mulai menggali keuntungan dan manfaat Internet dan mencoba menguasai pangsa pasar yang muncul akibat adanya Internet ini. Layanan busines-to-consumer yang diberikan melalui Internet secara langsung sebenarnya mengalami pergeseran. Yang mudah dilihat adalah pergeseran dalam hal :
One-way marketing : Perusahaan-perusahaan yang memiliki situs web atau homepage tetap memiliki mekanisme distribusi yang mencolok untuk mempublikasikan brosur-brosurnya, mendorong, strategi pemasaran satu arah.
Pemesanan melalui web : Tersedianya transaksi web yang aman memungkinan suatu perusahan untuk membolehkan konsumennya memesan produk langsung melalui web. Katalog-katalog elektronik dan mal-mall maya menjadi suatu hal yang biasa.
Relationship Marketing : Yang paling mencolok dari pardigma ini adalah apa yang disebut relationship marketing. Karena tingkah laku pelanggan dapat dilacak dari web, pada saat masuk ke situs web perusahaan, perusahaan-perusahaan dapat melalukan suatu percobaan dengan metodologi ini sebagai perangkat untuk meriset pasar dan relationship marketing misalnya:
- Survei melalui web
- Menggunakan web untuk membuat inferensi mengenai profil pembelian konsumen
- Mengkustomisasikan produk dan layanan
- Mencapai kepuasan konsumen dan membangun loyalitas pelanggan
One-way marketing : Perusahaan-perusahaan yang memiliki situs web atau homepage tetap memiliki mekanisme distribusi yang mencolok untuk mempublikasikan brosur-brosurnya, mendorong, strategi pemasaran satu arah.
Pemesanan melalui web : Tersedianya transaksi web yang aman memungkinan suatu perusahan untuk membolehkan konsumennya memesan produk langsung melalui web. Katalog-katalog elektronik dan mal-mall maya menjadi suatu hal yang biasa.
Relationship Marketing : Yang paling mencolok dari pardigma ini adalah apa yang disebut relationship marketing. Karena tingkah laku pelanggan dapat dilacak dari web, pada saat masuk ke situs web perusahaan, perusahaan-perusahaan dapat melalukan suatu percobaan dengan metodologi ini sebagai perangkat untuk meriset pasar dan relationship marketing misalnya:
- Survei melalui web
- Menggunakan web untuk membuat inferensi mengenai profil pembelian konsumen
- Mengkustomisasikan produk dan layanan
- Mencapai kepuasan konsumen dan membangun loyalitas pelanggan
Kegiatan transaksi elektronik
Beberapa kegiatan transaksi elektronik antara lain :
1. kartu pembayaran elektronik (baik debit maupun kredit)
2. E-wallets /e-purses (dompet elektronik)
3. Smart cards
4. pembayaran nirkabel (Wireless payments)
5. Stored-value card payments
6. Loyalty cards
7. Person-to-person payment methods
8. Pembayaran elektronik pada kios-kios khusus.
Dalam makalah ini akan difokuskan pada pembayaran dengan kartu kredit. Berkaitan dengan pembayaran kartu kredit. Dalam melakukan pembayaran pada transaksi elektronik, baik pembeli maupun penjual bisa menjadi pihak pelaku kejahatan. Penjual tidak benar-benar mempunyai produk yang ditawarkan dan hanya ingin mengambil uang pembeli atau pembeli yang menggunakan kartu palsu untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Dengan kondisi seperti ini, kepercayaan terhadap semua pihak harus dipertanyakan dan suatu bentuk mekanisme pengamanan diperlukan.
Beberapa kegiatan transaksi elektronik antara lain :
1. kartu pembayaran elektronik (baik debit maupun kredit)
2. E-wallets /e-purses (dompet elektronik)
3. Smart cards
4. pembayaran nirkabel (Wireless payments)
5. Stored-value card payments
6. Loyalty cards
7. Person-to-person payment methods
8. Pembayaran elektronik pada kios-kios khusus.
Dalam makalah ini akan difokuskan pada pembayaran dengan kartu kredit. Berkaitan dengan pembayaran kartu kredit. Dalam melakukan pembayaran pada transaksi elektronik, baik pembeli maupun penjual bisa menjadi pihak pelaku kejahatan. Penjual tidak benar-benar mempunyai produk yang ditawarkan dan hanya ingin mengambil uang pembeli atau pembeli yang menggunakan kartu palsu untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Dengan kondisi seperti ini, kepercayaan terhadap semua pihak harus dipertanyakan dan suatu bentuk mekanisme pengamanan diperlukan.
0 komentar